Swift

Apakah Benar Lembah Harau Akan Dijual ?


Apakah Benar Lembah Harau Akan Dijual ?

negripelosok.blogspot.com-Media sosial telah manjadi penyampai informasi yang jitu disaat tidak ada akses informasi yang bisa didapat orang dengan cepat. Seperti twitter, banyak akun atas nama pribadi dan akun “anonim” menjadi penyampai infomasi untuk di konsumsi publik.
Salah satu informasi terbaru yang mengejutkan datang dari akun twitter @SikatiMuno , dimana akun itu mencuit kan tentang kondisi saat ini yang terjadi di sebagian daerah di Lembah Harau tersebut. Memakai Tanda Pagar (tagar) #HarauDijual, inilah cuitan lengkap dari akun tersebut tentang Lembah Harau yang kepala daerahnya baru saja dilantik tersebut.


@SikatiMuno
  1. #HarauDijual barusan terima telpon dari kawan di 50kota,,,ada lahan di harau dijual,300jutaan,include dgn air terjun-Sarasahnya…miris.
  1. #HarauDijual gue pernah ke airterjun-sarasah itu,hanya 100 meteran dari perencanaan jalan kabupaten..masih alami,sumber air bagi masyarakat
  1. #HarauDijual lahan itu diklaim sebagai pusaka tinggi dari salahsatu suku disitu…dulu sempat ketemu dgn datuk nya,ngobrol panjang juga.
  1. #HarauDijual waktu itu,beliau dengan tegasnya tidak akan menjual lahan pusaka itu,selain sumber air,juga karna potensi wisatanya.
  1. #HarauDijual harapan beliau dulunya itu,,ada nanti anak-cucunya yang mampu mengarap lahan dan sarasah itu menjadi objek wisata,cottage dll.
  1. #HarauDijual dan kepemilikan lahan tetap di kaumnya,,digunakan sebesar2nya untuk kemakmuran kaum…entah apa yg merubah pola pikirnya skrg.
  1. #HarauDijual mungkin kebutuhan ekonomi yang mendesak,bisa jadi karna trend mulai maraknya penjualan tanah2 ulayat didaerah itu.
  1. #HarauDijual FYI,cottage,villa2 yang ada di harau sekarang ini,pada umumnya milik orang luar…pun lahan2 yg bagus posisinya…
  1. #HarauDijual tapi apa masyarakat disitu menjadi kaya mendadak? Hehhehe,,gak juga….mereka tetap bertani dgn lahan sisa-sisa.
  1. #HarauDijual boleh survey…sepanjang jalan masuk harau dari sarilamak…berapa persen tinggal lahan pribumi?
  1. #HarauDijual sebagian orang berpikir harau itu daerah wisata air terjun…hehehe…itu wilayah hujan lindung,bukan ulayat.
  1. #HarauDijual lahan diharau yang banyak diperjual-belikan itu lahan ulayat diluar hutan lindung…dan lahan itu sebagian punya airterjun jg.
  1. #HarauDijual ada yang pernah dengar? Bukit di harau dibeli anggota kelompok trabas…mereka tiap week-end,main disana.
  1. #HarauDijual tolong ingat,akses jalan yang mereka pakai ke lahan mereka melepas hobi itu jalan masyarakat…hancurlah jalan tu.
  1. #HarauDijual FYI,,,Air Terjun Sarasah Bunta belok kanan itu,,bukan Kenagarian Harau…tapi keNagarian Tarantang…
  1. #HarauDijual sedangkan air terjun populer yang belok kiri lurus itu namanya Akar Berayun..itu masuk kenagarian Harau.
  1. #HarauDijual sedangkan Echo Village itu bukan diwilayah kenagarian Harau lho….batasnya sekitar 50 meter dari depan Echo tsb.
  1. #HarauDijual Kenagarian Harau sebenarnya,,,dari airterjun akar berayun,sampai daerah landai…bisa jadi kelok9 itu wilayah kenagarian harau.
  1. #HarauDijual Kenagarian Harau itu miskin,,karna penjualan tiket masuk wisata harau dikuasai orang kenagarian Tarantang…yang depan BBI itu.
  1. #HarauDijual kalo Nagari Harau berpikir otonom,,mereka bisa bikin gerbang baru didepan Echo Village,batas wilayah.
  1. #HarauDijual selain AirTerjun Akar Berayun…terus ke dalam,masih banyak air terjun…bahkan Gua Seribu (ngalau saribu)..
  1. #HarauDijual jadi cerita ini adalah harau bagian dalam,,karna masih murah,berebut orang luar membelinya.
  1. #HarauDijual bahkan tidak sedikit lahan2 diharau itu dibeli oleh pejabat2 dan polisi… tau potensi,,akses jalan selain kelok 9 menuju PKU
  1. #HarauDijual kalo yang punya dana,,silahkan pergi ke harau,,,tuju jorong padang rukam,tanyakan ke penduduk,,air terjun ganting yg mau dijual
  1. #HarauDijual kalo yang informasi siapa saja orang luar pemilik lahan disitu…tanya aja ,,atau tanya ke Datuak Suar,kuncen ngalau seribu.
  1. #HarauDijual bukan isu bro,bra…kalo pengen lahan murah,,,sering2 saja main kesana,,intai penduduk yg sengsara,beli dari mereka..hufth.
Tidak percaya Lembah Harau dijual, salah satu akun twitter dengan nama @damnoise bertanya:
@damnoise: benerah Harau dijual? Itu penghinaan bagi Luhak 50 kota kak, siava yg jual?”
@SikatiMuno: yg punya lah dik,tanah kaum.
Semoga semua informasi itu hanya isu belaka karena berdasarkan cuitan melalui media sosial. Berharap hanya

Sumber: http://sumateraterkini.com
                 @SikatiMuno
                : #HarauDijual

You Might Also Like

0 komentar

Berkomentarlah dengan baik-baik, tidak nyepam dan SARA, link aktif yang dipaksakan akan membuat anda di banned permanen, jadi mari kita berbagi dengan komentar-komentar sehat, dan bermanfaat, silakan berkomentar di bawah, secepatnya akan saya jawab, Salam..